ideologi: Percakapan Pagi

Percakapan pagi ini tentang ideologi dunia dalam perbandingan: liberalisme, sosialisme dan islamisme.

 Mana yg kiri, mana yg kanan dan mana yg tengah.   Kecuali komunisme atheis, sosialisme bertuhan atau percaya adanya Tuhan, ternyata ada di mana-mana. Kelihatannya termasuk ada  di negara Pancasila ini. 
 
 Seperti ditulis oleh https://geotimes.co.id/opini/h-o-s-tjokroaminoto-dan-gagasan-sosialisme-islam/

"Raden Mas Haji Oemar Said Tjokroaminoto atau dikenal dengan H.O.S Tjokroaminoto merupakan salah satu tokoh pergerakan nasional yang memberikan pengaruh besar dalam dinamika politik Indonesia, termasuk di dalamnya membentuk pemikiran politik maupun mempengaruhi tindakan politik banyak tokoh pergerakan nasional.

Tjokroaminoto juga dikenal sebagai guru sekaligus teman diskusi terhadap beberapa tokoh pergerakan nasional seperti Soekarno, Kartosoewiryo, Abikoesno, Alimin dan Muso.

 Menariknya, beberapa murid Tjokroaminoto memiliki pandangan politik yang berbeda dalam perkembangan pemikiran politik serta ideologi politik yang dianutnya.

Soekarno sangat dipengaruhi dan kemudian mengembangkan ajaran nasionalisme, Kartosoewiryo menganut ajaran fundamentalisme Islam, sementara Alimin dan Muso mengembangkan ajaran komunisme.
Gagasan tentang Sosialisme Islam

Sebuah pendapat yang menyebutkan sosialisme sebagai suatu paham yang berasal dan dipengaruhi dari barat ditolak mentah-mentah oleh Tjokroaminoto. Alih-alih menyebut dipengaruhi oleh nilai-nilai barat, Tjokroaminoto menilai bahwa sosialisme telah lahir, tumbuh dan berkembang dalam tradisi Islam, jauh sebelum kelahiran sosialisme di Barat.

Ia menyebutkan bahwa cita-cita sosialisme dalam islam telah berkembang selama tiga belas abad, telah dipraktekkan sejak zaman Rasulullah Muhammad S.A.W dan tidak dapat dikatakan muncul dari pengaruh bangsa Eropa[1].

Menurut Tjokroaminoto, ketika sosialisme dipandang sebagai sesuatu yang islami, maka ia mudah diterima di Indonesia. Hal tersebut didasari dari pemikiran politik Islam di Indonesia berasal dari arus tradisi yang telah berkembang dalam masyarakat Indonesia sebagaimana tradisi Hindu-Jawa, sementara sosialisme berasal dari arus pemikiran barat.

Sosialisme Islam dalam kacamata Tjokroaminoto dipandang sebagai sebuah paham sosialis yang bersandar pada agama Islam dan wajib dilakukan oileh umatnya sepanjang hal tersebut merupakan perintah agama Islam.

Sosialisme Islam, sebagaimana diungkapkan oleh Tjokroaminoto, dengan demikian merupakan perwujudan kehidupan yang adil, setara, merata untuk mencapai kesejahteraan yang didasarkan oleh nilai-nilai tauhid." (ditulis ulang dari sumber tadi).

Bagaimana kaitannya atau mungkin ada kesamaannya dg yg berpaham Islam tidak semata-semata sistem ibadah tetapi islam merupakan peradaban yg lengkap. 

Ini sudah diperjuangkan oleh para mujaddid muslim. Sejak dari Jamaluddin Al-Afghani, Mohammad Abduh, KHA Dahlan, Abdul Karim Amrullah, Abdullah Ahmad, Jamil Jambek, Hasyim Asyari,  Sulaiman Arrasuli, Agus Salim, Mohammad Natsir,  Rahmah el Yunusiah, Wahid Hasyim, HAMKA, sampai ke Harun Nasution, Mukti Ali, N Madjid, Munawir Sjazali, AS Maarif, AR Wahid dan A Rais, Azyumardi Azra, Din Symasuddin, Komaruddin Hidayat, Haedar Nashir, Yudi Latif dan seterusnya.

Bahkan sebelum abad moderen, abad pertengahan para pemikir, ilmuwan dan pionir peradaban Islam sudah menangkap pemahaman Al-Quran yg serba lengkap itu. Menjadi akar dan fondasi total kehidupan mereka.  Rasullah Nabi Muhammad saw. yg menjadi urat tunggang peradaban Islam dengan misinya Rahmatan lil alamin itu ditangkap total oleh generasi abad pertengahan ini. Di antaranya, Al-Farabi (870-950) filosof, logika, matematika, teologi, ilmu alam dan politik-kenegaraan. Ibnu Sina (980-1037) Filosof, bapak kedokteran modern, penulis. Ibnu Rusyd, (1126-1126) filosof, ahli kedokteran, sastra, logika, saintis, tafsir Quran, hadist, hukum dan fikih. Al-Khawarizmi dst. Itulah masa keemasan Islam dalam rentang waktu 800-1250. 

Saat itu umat Islam menguasai filsafat dan ilmu, mengkombinasikan antara peradaban Yunani, Romawi, para filosof sebelumnya dg Quran dan hadist serta logika Islam yg menyatukan masalah duniawi dan ukhrawi. 

Itulah semua yg menginspirasi peradaban modern ini. Dan Islam yg mencerahkan dan berkemajuan berada di situ. #Shofwankarims #Muhammadiyah ##MuhammadiyahSB #UMSB #ImEsKaFam #IVLP #IVLPAlumniIndonesia #IVLPIndonesia #CWY #CWYIndonesia #CWYAlumni #shofwims #iqbalshofwans #AdamShofwans #PutriBulqishShofwanShofwim Shofwan Shofwan Karim II Imnati Ilyas Shofwan Muhammadiyah Sumbar Muhammadiyah Mella Muthia Iqbal #GrandChildrens Tria Yola Roomdona #AzyumardiAzra #DinSyamsuddin #ASMaarif #HaedarNashir #YudiLatif #KomaruddinHidayat

Komentar

Postingan Populer